Pilih iPhone XR Dibanding iPhone XS

iPhone XR

Tahun 2019 Apple mengumumkan bahwa Sistem operasi iPhone terbaru yaitu iOS 13 tidak lagi mendukung perangkat iPhone jadul dimana salah satunya iPhone 5s.

Gadget iPhone 5s yang saya miliki telah saya gunakan lebih dari lima tahun dan saya memiliki kebiasaan tidak ganti gadget iPhone selama didukung oleh iOS terbaru oleh Apple.

Dengan adanya pengumuman Apple bahwa iOS 13 tidak mendukung iPhone 5s. Membuat saya bersiap ganti iPhone baru.

Ada dua hal kenapa saya harus menggunakan dukungan iPhone dengan dukungan iOS terbaru, yaitu keamanan dan didukung oleh aplikasi yang saya gunakan.

Keamanan

Dengan menggunakan iOS terbaru keamanan data iOS saya lebih terjamin dibanding iOS versi lama, dengan begitu meminimalisir jika ada hacker nakal yang mau iseng.

Dukungan Aplikasi

Saat menggunakan Android, saya pernah mengalami aplikasi yang sudah terinstall tidak dapat digunakan.

Sejak saat itu pindah ke iPhone dan saya mengecek versi minimal iOS pada aplikasi yang saya gunakan. Ada beberapa aplikasi yang mengharuskan versi iOS terbaru. Jika terkait pekerjaan mau tak mau harus beli iPhone baru untuk upgrade iOS.

Pilih iPhone XR dibanding iPhone XS atau iPhone XS Max

Saat mencari tahu mengenai iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max, saya menemukan artikel review dimana iPhone XR lebih tahan lama baterei-nya dan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang sama dengan iPhone XS.

Hal inilah yang membuat saya lebih memilih iPhone XR karena untuk penggunaan jangka panjang lebih dari 3-5 tahun, saya memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar.

Sekedar informasi video 4K berdurasi satu menit saja yang dihasilkan oleh iPhone XR bisa membutuhkan kapasitas ratusan Mega Byte.

Berikut kira - kira kapasitas penyimpanan yang diperlukan saat membuat video selama satu menit di iPhone XR dengan berbagai resolusi, FPS / frame per second, dan kapasitas yang diperlukan.

Resolusi HDFPSKapasitas yang diperlukan
720p3040 MB
1080p3060 MB
1080p6090 MB
4K24135 MB
4K30170 MB
4K60400 MB

Oleh sebab itulah saya memutuskan memilih iPhone XR 128 GB dimana pada saat saya beli memiliki harga setara dengan iPhone XS 64 GB.

Sebagai tambahan informasi, secara default video iPhone XR menggunakan resolusi 1080p dan 30 FPS, untuk mengubah menjadi video 4K dapat diubah dengan membuka Settings –> Camera.

Review iPhone XR

Setelah lebih 5 bulan penggunaan, sejauh ini puas dengan kamera atau performa iPhone XR. Pemilihan iPhone XR juga saya rasa tepat karena walaupun sedikit aplikasi yang saya gunakan, dimana hanya dua game saja yaitu Mobile Legend dan Call of Duty Mobile, kapasitas penyimpanan telah mencapai lebih dari 22 GB.

Namun yang sedikit membuat saya agak bersedih adalah earphone yang didapatkan bukan AirPods sehingga tidak bisa digunakan dengan iPhone XR dan saat iPhone 11 rilis harga iPhone XR turun sekitar 3-4 jutaan dibanding sewaktu saya beli. haha.. :))

Berlangganan via Email

atau berlangganan via RSS

Tulisan Terbaru